Jumat, 12 Oktober 2012

Crankcase

BAK ENGKOL (CRANK CASE)
Bak engkol merupakan bagian utama motor yang menyangga semua komponen mesin. Bak engkol terbuat dari bahan paduan almunium, proses  pembuatannya menggunakan teknik pengecoran. Terdapat dua tipe bak engkol ditinjau dari metode memisahkan bak engkol, yaitu:
  1. Herizontally split type crank case
  2. Vertically split type crank case
  3.  
    Konstruksi bak engkol motor 4 tak berbeda dengan motor 2 tak, pada motor 4 tak bak engkol menjadi tempat penampung oli mesin , ruang engkol berhubungan dengan bak transmisi, sedangkan pada motor 2 tak bak engkol dijadikan pompa bilas, sehingga bak engkol harus benar-benar rapat.

Kerapat bak engkol pada motor 2 tak sangat besar pengaruhnya pada kinerja motor, sebab kebocoran kecil saja menyebabkan proses pemasukan campuran bahan bakar tidak sempurna karena pompa bilas tidak berfungsi dengan baik. Penyebab kebocoran bak engkol antara lain:
  1. Seal poros engkol sudah rusak atau keras
  2. Pengencangan kurang sempurna, atau retak akibat salah pengencangan
  3. Terdapat luka pada bagian bak akibat pemisahan bak engkol dengan cara diungkit menggunakan obeng atau benda keras lainnya.
  4. Terganjal kotoran saat memasang
  5. Kualitas perapat (sealer) yang digunakan kurang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar