Jumat, 21 September 2012

pelepasan karburator

I.  Langkah Kerja
a.  Melepas dan Pembongkaran Karburator
1.  Melepas karburator
 - Lepaskan leg shield tengah 
- Lepaskan leg shield kiri kanan
- Lepaskan baut-baut saluran pemasukan (1)
- Cabut selang bensin (2) dan selang vakum (3)
- Lepaskan starter plunger dari rangka karburator (4)
- Lepaskan sabuknya (5)
- Lepaskan kabel gas (6)
2.  Pembongkaran Karburator
- Lepaskan saluran pemasukan dengan melepas
baut-bautnya
- Lepaskan rumah pelampung (6) dengan
melepas sekrup-sekrupnya  
- Lepaskan O-Ring.Perhatikan !
Gantilah O-Ring dengan yang baru
- Lepaskan rangkaian pelampung (1) dan needle
valve dengan melepas pinnya (2)
Perhatikan !
Jangan menggunakan kawat untuk
membersihkan saluran – saluran dan lubang –
lubangnya.
- Lepaskan main jet (3) dan pilot jet (4)
- Lepaskan pilot air jet (5)
Catatan :
Sebelum melepas pilot air jet putarlah dengan
perlahan searah jarum jam untuk melepaskan
seting dan hitung jumlah putarannya agar
dudukan sekrup tidak cacat. Hal ini sangat
penting untuk menset kembali saat
pemasangan pilo t air jet pada posisi semula

1.  Pemeriksaan Jet Karburator
Periksalah bagian di bawah ini apakah rusak atau tersumbat.
-  Periksa pilot jet apakah masih baik atau sudah aus.       
-  Periksa pelampung apakah masih baik atau bocor.
-  Periksa main jet kemungkinan aus atau cacat.        
-   Periksa jarum pelampung kemungkinan aus atau cacat.
-  Periksa main air jet kemungkinan sudah aus atau cacat.      
-  Periksa starter jet apakah masih baik atau sudah rusak.      
-  Periksa gasket dan O-ring kemungkinan sudah rusak.
-  Periksa pilot air screw kemungkinan cacat atau aus berlebihan.    
-  Periksa lubang by pass dan pilot outlet kemungkinan tersumbat/rusak.
-  Periksa lubang udara pada needle jet kemungkinan aus atau tersumbat.
2.  Pemeriksaan Jarum Pelampung


Bila diantara dudukan dan jarum pelampung terdapat benda asing, bensin akan terus mengalir dan mengakibatkan banjir, bila dudukan dan jarum sudah termakan, gantilah kedua-duanya. Sebaliknya jika jarum tidak mau bergerak. Maka bensin tidak mau turun. Bersihkanlah ruang pelampungnya dengan bensin bila jarum pelampung cacat seperti pada gambar, ganti dengan yang baru. Bersihkan saluran-saluran bensin dan ruang pencampur dengan angin kompresor.
3.  Penyetelan Tinggi Pelampung
Untuk mengetahui tinggi pelampung buka dan balikkan karburator dengan arm pelampung bebas. Ukurlah tinggi (A) dengan menggunakan vernier caliper saat lidah pelampung menyentuh dengan ujung jarum (needle valve). Bengkokkan lidah (1) untuk mendapatkan ketinggian (A) yang ditentukan. Cara penyetelan pelampung adalah dengan cara membengkokkan lidah pelampung (1) dengan obeng. Jika penyetelan lidah pelampung terlalu tinggi


maka jarum pelampung cepat menutup, bensin dalam ruang pelampung menjadi kurang dan sebaliknya.
4.  Penyetelan Jet Needle
-  Lepas kabel gas
-  Lepas pengunci jet needle dengan obeng 
-  Lepaskan jet needle
-  Pindahkan posisi circlip ke atas, campuran
berkurang
-  Pindahkan posisi circlip ke bawah campuran
bertambah kaya
c.  Perakitan dan Pemasangan Karburator
1.  Perakitan Karburator
-  Pasang pilot air jet 
 -  Pasang kembali main jet dan pilot jet pada
dudukannya


-  Pasang kembali rangkaian pelampung dan
needle valve dengan memasang pinnya
-  Pasang kembali O-Ring
-  Pasang rumah pelampung dan kencangkan
sekrup-sekrupnya 
-  Pasang kembali saluran pemasukan dan
kencangkan  baut-bautnya
Dalam merakit karburator perhatikan hal-hal berikut ini :
Gantilah gasket dan O-Ring pada body saluran pemasukan karburator dengan
yang baru, kalau sudah menimbulkan tanda-tanda kerusakan.
2.  Pemasangan Karburator


-  Pasang kabel gas 
-  Pasang kembali kran bahan bakar 
-  Kencangkan  baut-baut saluran pemasukan
-  Pasang skep ke dalam karburator dengan
menepatkan sesuai dengan alurnya pada
sekrup penahan skep.
-  Kencangkan tutup kepala karburator
dengan baik
 -  Pasang kembali leg shield kiri kanan
-  Pasang kembali leg shield tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar