mengganti gigi pompa oli honda supra (C100)
untuk sepeda motor yang sudah berusia diatas 5 tahun, terkadang suka terdangar suara seperti rantai noken kendur, namun sayangnya suara tersebut tak mau hilang walaupun rantai beserta karet tensionernya sudah diganti, untuk itu jika pada saat mengganti rantai, baiknya minta mekanik untuk mengecek kondisi dari gigi pompa oli tsb. apabila kondisiny sudah miring, baiknya segera diganti. untuk postingan ini saya sengaja ingin mengajarkan kepada teman2 yang ingin belajar menservis motornya sendiri jika mendapatkan kasus ini pada motornya, tapi tentunya yang ingin menservis sendiri diharapkan juga memiliki sedikit pengetahuan dibidang perbengkelan
Peralatan :
-kunci Ring 10 -12
-trekel magnet
-T 8
-T12
-T14
- Universal holder
- Lock nut wrench,20x24 - Gear Holder
-obeng ketok
-tang spie
-kunci inggris
- obeng pelat
- hamar/palu
- gerinda
Sedangkan bahan yang disiapkan antara lain :
- gigi pompa oli yang baru
-
- serta paking yang baru jika nantiny disaat pembongkaran ada paking yang robek
Proses pengerjaan
Setelah
peralatan dan bahan trlah di disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah
pengerjaan, diawali dengan melepas 4 baut injakan dengan mrnggunakan
kunci 12 ring, setelah itu lepas knalpot, kalter kanan, dank kalter
kiri, setelah itu lepas magnet detelah terlebih dahulu melepas mur 14
dengan menggunakan kunci T 14, dan dilanjutkan dengan melepas magnet
menggunakan trekel, kemudian lepas rantai dynamo starter. Lepas 2 buah
baut pada pelat penyekat oli, dan lepas pelat tsb. Setelah itu maka gigi
pompa oli dapat terlihat, tapi untuk dapat melepas pompa oli, terlebih
dahulu lepas rumah kopl;ing, & rumah kopling tromol
MELEPAS KOPLING
Lepaskan tuas pengungkit kopling dan pelat bubungan
pengungkit kopling, seperti yang terlihat pada gambar
Lepaskan sekrup-sekrup dan tutup saringan oli.
Tekuk lidah cincin pengunci
Lepaskan mur pengunci dengan kunci perkakas & universal clutch holder
Letakkan gear holder antara roda gigi primer dan roda
gigi kopling yang digerakkan seperti pada gambar.
Lepaskan mur pengunci kopling manual dengan
menggunakan lock nut wrench.
Dan setelah itu lepas pompa oli setelah melepas ke-3 baut pompa oli
Kemudian
lepas baut pompa oli sengan cara merusak karet gigi pompa oli
menggunakan obeng pelat, setelah itu maka as pompa oli dapat dikeluarkan
Setelah
itu gigi pompa oli yang baru dapat dipasangkan, tapi karena proses ini
tanpa melalui pembelahan mesin, maka drat pada as pompa oli harus di
gerinda kurang lebih 0,5 cm, setelah itu maka gigi pompa dapat dipasang,
prosesnya adalah kebalikan dari pembongkaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar