Komponen yang berfungsi sebagai jantung dari motor
adalah armature (jangkar) dan kumparan-kumparan yang mengelilingi poros
armature dinamakan armature coil (kumparan jangkar). Pada bagian ujung
armature yang berbentuk silinder dan terdiri dari sejumlah segmen/bagian
tembaga yang dipisahkan oleh isolator mika dinamakan commutator
(komutator). Komutator berfungsi agar arus listrik bisa mengalir secara
terus menerus ke armature coil melalui carbon brushes (sikat) yang
langsung bergesekan dengannya. Adapun pembahasan lebih terperinci dari
komponen-komponen motor starter adalah sebagai berikut :
a. Field coil (kumparan medan)
Field coil hanya terdapat pada sepeda motor yang
menggunakan motor starter tipe elektromagnet (magnet remanen/bukan
permanen). Pada sepeda motor yang menggunakan motor starter tipe magnet
permanen tidak menggunakan field coil. Motor starter tipe magnet
permanen bentuknya kompak dan bobotnya lebih ringan, sehingga banyak
digunakan pada sepeda motor kecil saat ini.
b. Armature
Armature terdiri atas sebatang besi yang berbentuk
silindris dan diberi slot-slot, armature shaft (poros armature),
komutator serta armature coil (kumparan armature). Armature berfungsi
untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik, dalam bentuk gerak
putar.
Jumlah lilitan armature coil dibuat banyak agar
semakin banyak helai-helai kawat yang mendapat gaya elektromagnetik
(garis gaya magnet), sehingga tenaga yang dihasilkan cukup besar untuk
memutarkan cankshaft (poros engkol)
c. Yoke dan pole core
Yoke (stator) berfungsi sebagai tempat untuk
mengikatkan pole core Yoke terbuat dari logam yang berbentuk silinder.
Sedangkan pole core berfungsi untuk menopang field coil dan memperkuat
medan magnet yang ditimbulkan field coil.
d. Brush (sikat)
Brush (sikat) dibuat dari tembaga lunak, dan
berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature coil
langsung ke massa melalui komutator. Brush akan meneruskan arus listrik
dari baterai langsung ke armature kemudian ke massa melalui komutator.
Motor starter pada sepeda motor ada yang mempunyai dua buah sikat (satu
sikat posisitf dan satu sikat negatif) dan empat buah sikat (dua sikat
positif dan dua sikat negatif) tergantung dari beban mesin yang akan
diputar.kkkkko
Tidak ada komentar:
Posting Komentar