Jumat, 28 September 2012

agar motor bisa kencang lajunya


 1. Piston. Untuk memodifikasi motor Anda agar menjadi lebih cepat lajunya, Anda harus mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston, Anda bisa memotong bagian bawah dari piston, besarnya bagian yang dipotong tersebut sudah tertentu (pasti) dan tiap sepeda motor tidak sama.
2. Kepala Silinder. Dalam proses modifikasi motor Anda, kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin besar tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang bakar. Pada sepeda motor umumnya, hal ini dilakukan dengan menggerinda kepala silinder sehingga ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat.
3. Lubang Pembilasan. Jumlah gas baru campuran  bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat menentukan ternaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan pembakaran lebih baik. Untuk mencapai hal itu, lubang pembilasan (pemasukkan) diperluas agar jumlah gas baru yang masuk lebih  banyak. Perluasan lubang bilans tersebut harus tetap pada batas-bataa tertentu dan disertai pula modifikasi di bagian lain. JIka hal itu tidak dilakukan maka motor bukannya bertambah tenaganya, tapi justru menjadi rusak.
4. Sistem Kelistrikan. Tenaga listrik pada motor kebyakan 6 volt. Tagangan tersebut dapat diubah menjadi 12 volt dengan mengubah system kelistrikannya. Dengan tegangan 12 volt, lampu-lampu menjadi lebih terang, klakson menjadi lebih keras dan bunga api busi menjadi lebih besar.
5. Rocker Arm. Rocker arm atau lengan penumbuk katup juga berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan (push rod) atau dari poros pam sehingga katup bisa membuka dan menutup. Rocker arm yang baik adalah yang ringan tapi kuat. Jika pemotongan rocker arm berlebihan akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.
6. Roda Gigi. Modif motor dilakukan dengan tujuan agar kecepatan sepeda motor bertambah pada tenaga mesin yang sama, roda gigi belakang harus diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil, jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil tentu saja panjang ranta roda harus dikurangi dan disetel.

Jumat, 21 September 2012

komponen karburator


 1. Tabung Skep.



Berfungsi membuka lubang venturi, sehingga udara yang dibutuhkan makin besar. dalam tabung skep terdapat pegas yg berfungsi untuk mengembalikan tabung Skep ke posisi semula saat handle gas di lepas.
2. Jarum skep / Jet needle


Jarum skep ini berada di dalam tabung Skep tugasnya membuka debit bahan bakar, semakin terangkatnya jarum skep, maka debit bahan bakar yang masuk ke venturi semakin banyak. Jarum skep memiliki setelan klip. Jika posisi klip semakin di bawah, bahan bakar semakin boros. begitu juga sebaliknya.
3. Main Jet


Berfungsi untuk mensuplai bahan bakar di saat mesin putaran tinggi.
4. Pilot Jet


Berfungsi buat mensuplai bahan bakar di putaran rendah (stasioner) hingga 4.000 rpm. Saat gas di tarik suplai pun berangsur hilang dan beralih ke Main jet yg akhirnya digantikan secara penuh oleh main jet di putaran atas.
5. Idle Screw


Idle screw bertugas menaikkan atau menurunkan rpm engine. Semakin ke dalam (di putar ke kanan), baut akan mendorong tabung skep naik ke atas.
6. Air screw


Bekerja mengatur campuran udara dan bahan bakar ideal. Setiap motor punya setelan berbeda. Tapi, biasanya 2 hingga 2,5 putaran setelah ditutup habis.
7. Pelampung & Jarum pelampung ( Float & Float valve)


Kedua part ini berfungsi sebagai keran buka-tutup aliran bensin dari tangki bahan bakar.
Ketika bensin di mangkuk karbu penuh, maka jarum yg berada di lidah pelampung akan menutup aliran bensin yang masuk. Di dalam mangkuk juga terdapat pipa yang tugasnya membuang bensin yang penuh di mangkuk.

pelepasan karburator

I.  Langkah Kerja
a.  Melepas dan Pembongkaran Karburator
1.  Melepas karburator
 - Lepaskan leg shield tengah 
- Lepaskan leg shield kiri kanan
- Lepaskan baut-baut saluran pemasukan (1)
- Cabut selang bensin (2) dan selang vakum (3)
- Lepaskan starter plunger dari rangka karburator (4)
- Lepaskan sabuknya (5)
- Lepaskan kabel gas (6)
2.  Pembongkaran Karburator
- Lepaskan saluran pemasukan dengan melepas
baut-bautnya
- Lepaskan rumah pelampung (6) dengan
melepas sekrup-sekrupnya  
- Lepaskan O-Ring.Perhatikan !
Gantilah O-Ring dengan yang baru
- Lepaskan rangkaian pelampung (1) dan needle
valve dengan melepas pinnya (2)
Perhatikan !
Jangan menggunakan kawat untuk
membersihkan saluran – saluran dan lubang –
lubangnya.
- Lepaskan main jet (3) dan pilot jet (4)
- Lepaskan pilot air jet (5)
Catatan :
Sebelum melepas pilot air jet putarlah dengan
perlahan searah jarum jam untuk melepaskan
seting dan hitung jumlah putarannya agar
dudukan sekrup tidak cacat. Hal ini sangat
penting untuk menset kembali saat
pemasangan pilo t air jet pada posisi semula

1.  Pemeriksaan Jet Karburator
Periksalah bagian di bawah ini apakah rusak atau tersumbat.
-  Periksa pilot jet apakah masih baik atau sudah aus.       
-  Periksa pelampung apakah masih baik atau bocor.
-  Periksa main jet kemungkinan aus atau cacat.        
-   Periksa jarum pelampung kemungkinan aus atau cacat.
-  Periksa main air jet kemungkinan sudah aus atau cacat.      
-  Periksa starter jet apakah masih baik atau sudah rusak.      
-  Periksa gasket dan O-ring kemungkinan sudah rusak.
-  Periksa pilot air screw kemungkinan cacat atau aus berlebihan.    
-  Periksa lubang by pass dan pilot outlet kemungkinan tersumbat/rusak.
-  Periksa lubang udara pada needle jet kemungkinan aus atau tersumbat.
2.  Pemeriksaan Jarum Pelampung


Bila diantara dudukan dan jarum pelampung terdapat benda asing, bensin akan terus mengalir dan mengakibatkan banjir, bila dudukan dan jarum sudah termakan, gantilah kedua-duanya. Sebaliknya jika jarum tidak mau bergerak. Maka bensin tidak mau turun. Bersihkanlah ruang pelampungnya dengan bensin bila jarum pelampung cacat seperti pada gambar, ganti dengan yang baru. Bersihkan saluran-saluran bensin dan ruang pencampur dengan angin kompresor.
3.  Penyetelan Tinggi Pelampung
Untuk mengetahui tinggi pelampung buka dan balikkan karburator dengan arm pelampung bebas. Ukurlah tinggi (A) dengan menggunakan vernier caliper saat lidah pelampung menyentuh dengan ujung jarum (needle valve). Bengkokkan lidah (1) untuk mendapatkan ketinggian (A) yang ditentukan. Cara penyetelan pelampung adalah dengan cara membengkokkan lidah pelampung (1) dengan obeng. Jika penyetelan lidah pelampung terlalu tinggi


maka jarum pelampung cepat menutup, bensin dalam ruang pelampung menjadi kurang dan sebaliknya.
4.  Penyetelan Jet Needle
-  Lepas kabel gas
-  Lepas pengunci jet needle dengan obeng 
-  Lepaskan jet needle
-  Pindahkan posisi circlip ke atas, campuran
berkurang
-  Pindahkan posisi circlip ke bawah campuran
bertambah kaya
c.  Perakitan dan Pemasangan Karburator
1.  Perakitan Karburator
-  Pasang pilot air jet 
 -  Pasang kembali main jet dan pilot jet pada
dudukannya


-  Pasang kembali rangkaian pelampung dan
needle valve dengan memasang pinnya
-  Pasang kembali O-Ring
-  Pasang rumah pelampung dan kencangkan
sekrup-sekrupnya 
-  Pasang kembali saluran pemasukan dan
kencangkan  baut-bautnya
Dalam merakit karburator perhatikan hal-hal berikut ini :
Gantilah gasket dan O-Ring pada body saluran pemasukan karburator dengan
yang baru, kalau sudah menimbulkan tanda-tanda kerusakan.
2.  Pemasangan Karburator


-  Pasang kabel gas 
-  Pasang kembali kran bahan bakar 
-  Kencangkan  baut-baut saluran pemasukan
-  Pasang skep ke dalam karburator dengan
menepatkan sesuai dengan alurnya pada
sekrup penahan skep.
-  Kencangkan tutup kepala karburator
dengan baik
 -  Pasang kembali leg shield kiri kanan
-  Pasang kembali leg shield tengah

tune up

Tune Up Jupiter Z

1. Kepala Silinder
- Porting Polish, tapi di bengkel yg paham dengan porting polish.
- Naik Kompresi, daripada bubut head atau blok lebih baik pakai piston jenong ( seperti saran yg diatas ) ring bisa pakai standarnya atau NPR.
- Noken as Racing, bisa di bubut yg bawaan motornya ( kalo bubut di bengkel yg paham dan terbiasa ) atau beli yg sudah jadi aja.
2. Karburator
- Bisa setting PJ jadi 20 atau 22,5 MJ 115 sebagai patokan awal
- Atau bisa ganti dengan karburator Suzuki Arashi, Seken harga sekitar 250 rb an klo salah mohon maaf, agak2 lupa :)
- Atau bisa reamer karbu dan over bosh skep karbu dgn skep Karbu Suzuki Tornado..
3. Knalpot
- Bisa pakai Standarnya, tp agak nahan di putaran atasnya.
- Bisa diganti lehernya dgn diameter yg lebih besar ( bikin di tukang knalpot )
- Ga mau repot? lsg pasang knalpot racing aja, merek dan jenis sesuai selera aja yg penting diameter leher lebih besar dibanding standar aslinya.

mungkin intinya itu aja, setingan yg lainnya mengikuti keinginan pengendarai itu sendiri

1. Gear Set
STD 36/15 bisa tukar dgn gear Jupiter Z burhan 35/15 utk trek panjang, utk trek pendek bisa tukar dgn Gear Force 1 39/15 utk trek pendek
2. Koil Busi Oli Per & Kampas Kopling
Koil lebih baik dari motor standar, misal RM atau YZ
Busi, klo sering di geber dalam jangka waktu lama dan jarak jauh bisa pakai busi dingin / iridium klo jenis dan tipe saya lupa, bisa tanya di yahoo asnwer lg
Oli, pakai yg standar juga bisa yg mahalan juga bisa. yang penting olinya ASLI dan jangka waktu ganti oli jgn telat ( klo sudah naik kompresi biasanya suhu mesin meningkat )
Per & Kampas Kopling. Bisa diganti atau tidak. klo masih terasa maknyus ga usah diganti. biar hemat gitu hehehe.. Klo mau ganti bisa pakai per BRT dan kampas Suzuki FR 80..
Atau yang ini juga boleh dicoba:
step by step aja tune up nya dari yang tinggal plug and play langsung ke yang maen bubut/bongkar pasang blok mesin.

1.knalpot
ganti pake knalpot freeflow,pipa pjg untuk topspeed atau pilih yng pndek buat lbih di akselerasi
merk bnyak ko.ada ahrs,nmf,ahm,art,snd dll.kalo pnen pas,hamdmade aja.
2.cdi unlimit
BRT yang dualband tinggal pilih kurva TR(tuneup racing),pas banget sama nambah di performa
koil pake aja yang standar.
3.busi
pake NGK iridium ix
4.karbu
mening pake yang 26mm pe nya kalo mesin standara.
mikuni vm pe26(rx king) atau keihin pe26(nsr-r)
kalo pengen ekstrim lagi pake keihin pe28(nsr-sp) setting aja pj ama m nya
5.gir rasio
6.lepas paking 1 biji
kalo udah semua itu baru maen di blok mesin
kaya ganti piston jenong seher ring seher dan lain lain.
buat itu bisa pake part nya satria f atau tiger..

Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak

Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;

1. siapin alat-alatnya
  • kunci-kunci standar seperlunya
  • kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
  • bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
  • bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
  • bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
  • lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
  • balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
  • kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
  • buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
  • mesin bagian kiri
    • komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
  • mesin bagian atas
    • komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
  • mesin bagian kanan
    • komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
  • mesin bagian tengah
    • komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
  • gasket kit A ( paking top set )
  • gasket kit B ( paking full set )
  • oil seal selah
  • oil seal operan / persnelling
  • oil seal gear
  • oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor

Penggantian gigi pompa

mengganti gigi pompa oli honda supra (C100)


untuk sepeda motor yang sudah berusia diatas 5 tahun, terkadang suka terdangar suara seperti rantai noken kendur, namun sayangnya suara tersebut tak mau hilang walaupun rantai beserta karet tensionernya sudah diganti, untuk itu jika pada saat mengganti rantai, baiknya minta mekanik untuk mengecek kondisi dari gigi pompa oli tsb. apabila kondisiny sudah miring, baiknya segera diganti. untuk postingan ini saya sengaja ingin mengajarkan kepada teman2 yang ingin belajar menservis motornya sendiri jika mendapatkan kasus ini pada motornya, tapi tentunya yang ingin menservis sendiri diharapkan juga memiliki sedikit pengetahuan dibidang perbengkelan
Peralatan :
-kunci Ring 10 -12
-trekel magnet
-T 8
-T12
-T14
- Universal holder
- Lock nut wrench,20x24
- Gear Holder
-obeng ketok
-tang spie
-kunci inggris
- obeng pelat
- hamar/palu
- gerinda
Sedangkan bahan yang disiapkan antara lain :
- gigi pompa oli yang baru
-
- serta paking yang baru jika nantiny disaat pembongkaran ada paking yang robek
Proses pengerjaan
Setelah peralatan dan bahan trlah di disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah pengerjaan, diawali dengan melepas 4 baut injakan dengan mrnggunakan kunci 12 ring, setelah itu lepas knalpot, kalter kanan, dank kalter kiri, setelah itu lepas magnet detelah terlebih dahulu melepas mur 14 dengan menggunakan kunci T 14, dan dilanjutkan dengan melepas magnet menggunakan trekel, kemudian lepas rantai  dynamo starter. Lepas 2 buah baut pada pelat penyekat oli, dan lepas pelat tsb. Setelah itu maka gigi pompa oli dapat terlihat, tapi untuk dapat melepas pompa oli, terlebih dahulu lepas rumah kopl;ing, & rumah kopling tromol
MELEPAS KOPLING
Lepaskan tuas pengungkit kopling dan pelat bubungan
pengungkit kopling, seperti yang terlihat pada gambar
Lepaskan sekrup-sekrup dan tutup saringan oli.
Tekuk lidah cincin pengunci
Lepaskan mur pengunci dengan kunci perkakas & universal clutch holder
Letakkan gear holder antara roda gigi primer dan roda
gigi kopling yang digerakkan seperti pada gambar.
Lepaskan mur pengunci kopling manual dengan
menggunakan lock nut wrench.
Dan setelah itu lepas pompa oli setelah melepas ke-3 baut pompa oli
Kemudian lepas baut pompa oli sengan cara merusak karet gigi pompa oli menggunakan obeng pelat, setelah itu maka as pompa oli dapat dikeluarkan
Setelah itu gigi pompa oli yang baru dapat dipasangkan, tapi karena proses ini tanpa melalui pembelahan mesin, maka drat pada as pompa oli harus di gerinda kurang lebih 0,5 cm, setelah itu maka gigi pompa dapat dipasang, prosesnya adalah kebalikan dari pembongkaran

komponen pada sistem starter



Komponen yang berfungsi sebagai jantung dari motor adalah armature (jangkar) dan kumparan-kumparan yang mengelilingi poros armature dinamakan armature coil (kumparan jangkar). Pada bagian ujung armature yang berbentuk silinder dan terdiri dari sejumlah segmen/bagian tembaga yang dipisahkan oleh isolator mika dinamakan commutator (komutator). Komutator berfungsi agar arus listrik bisa mengalir secara terus menerus ke armature coil melalui carbon brushes (sikat) yang langsung bergesekan dengannya. Adapun pembahasan lebih terperinci dari komponen-komponen motor starter adalah sebagai berikut :
a. Field coil (kumparan medan)
Field coil hanya terdapat pada sepeda motor yang menggunakan motor starter tipe elektromagnet (magnet remanen/bukan permanen). Pada sepeda motor yang menggunakan motor starter tipe magnet permanen tidak menggunakan field coil. Motor starter tipe magnet permanen bentuknya kompak dan bobotnya lebih ringan, sehingga banyak digunakan pada sepeda motor kecil saat ini.
Field coil (kumparan medan)
 b. Armature
Armature terdiri atas sebatang besi yang berbentuk silindris dan diberi slot-slot, armature shaft (poros armature), komutator serta armature coil (kumparan armature). Armature berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik, dalam bentuk gerak putar.
Armature
Jumlah lilitan armature coil dibuat banyak agar semakin banyak helai-helai kawat yang mendapat gaya elektromagnetik (garis gaya magnet), sehingga tenaga yang dihasilkan cukup besar untuk memutarkan cankshaft (poros engkol)
c. Yoke dan pole core
Yoke (stator) berfungsi sebagai tempat untuk mengikatkan pole core Yoke terbuat dari logam yang berbentuk silinder. Sedangkan pole core berfungsi untuk menopang field coil dan memperkuat medan magnet yang ditimbulkan field coil.
d. Brush (sikat)
Brush (sikat) dibuat dari tembaga lunak, dan berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature coil langsung ke massa melalui komutator. Brush akan meneruskan arus listrik dari baterai langsung ke armature kemudian ke massa melalui komutator. Motor starter pada sepeda motor ada yang mempunyai dua buah sikat (satu sikat posisitf dan satu sikat negatif) dan empat buah sikat (dua sikat positif dan dua sikat negatif) tergantung dari beban mesin yang akan diputar.kkkkko

pembongkaran dan pemasangan kopling

Pembongkaran/Pemasangan Kopling


a. Pasang roda gigi penggerak primer pada ujung poros engkol.
b. Pasang bagian luar kopling pada poros utama.
c. Pasang cincin splain (perapat) menghadap keluar di atas permukaan datar bagian luar kopling.
d. Rakit pelat penekan kopling, kanvas kopling, pelat kopling, dan bagian tengah kopling.
e. Susun kanvas dan pelat kopling silih berganti.
f. Lapisi kanvas kopling baru dengan minyak pelumas mesin sebelum merakitnya.

Melepas tutup kanan bak mesin
(1) Keluarkan minyak mesin dan tampung dalam tempat yang bersih.
(2) Lepaskan mur penyetel rem belakang dan pegas pengembalian.
(3) Lepaskan baut-baut dan tutup kanan bak mesin.
(4) Longgarkan baut-baut dalam pola bersilang dalam 2-3 tahap.
(5) Lepaskan gasket dan dowel pin.

 Melepas kopling
(1) Lepaskan sekerup-sekerup dan tutup rotor saringan oli.
(2) Lepaskan pompa oli.
(3) Tahan roda gigi penggerak primer dan roda gigi yang digerakkan dengan sebuah penahan roda gigi, lepaskan mur pengunci
menggunakan perkakas khusus,
(4) Lepaskan pembimbing pengangkat kopling.
(5) Lepaskan baut—baut kopling, pelat pengangkat kopling dan pegas kopling.
(6) Longgarkan baut·baut dalam pola bersilang dalam 2-3 tahap.
(7) Pasang pemegang pemusat kopling dan lepaskan mur pengunci kopling.
(8) Lepaskan sebagai berikut:
    (a) cincin (waser),
    (b) bagian tengah kopling (pemusat kopling),
    (c) pelat kopling,
    (d) kanvas kapling, dan
    (e) pelat penekan.
(9) Lepaskan cincin splain, kopling luar (outer clutch), dan clutch outer guide (penghantar kopling luar).
(10) Lepaskan roda gigi penggerak primer dan pasak tembereng dari poros engkol.
(11) Jangan menghilangkan pasak tembereng.

kopling ganda
 Pemeriksaan
(1) Periksa bantalan pengangkat terhadap kerusakan.
(2) Putar cincin dalam bantalan dengan jari—jari,juga periksa bahwa cincin luar bantalan duduk dengan erat pada pelat pengangkat kapling
(3) Ganti bantalan apabila diperlukan.
(4) Ukur panjang bebas pegas kopling pengembalian,
(5) Pegas kopling harus diganti semuanya sebagai satu set jika satu atau lebih telah melampaui batas servis,
(6) Gantikan kanvas kopling apabila mereka menunjukkan tanda-tanda goresan atau perubahan wama.
(7) Kanvas dan pelat kopling harus diganti sebagai satu set jika salah satu telah melampaui batas servis.
(8) Periksa terhadap kebengkokan pelat dengan menggunakan bidang pengukuran kedataran dan sebuah lidah pengukur.
(9) Periksa potongan-potongan pada bagian luar kopling (clutch outer) terhadap lekukan atau kerusakan-kerusakan kecil yang disebabkan oleh kanvas kopling.
(10) Ukur bagian luar kopling.
(11) Ukur penghantar bagian Iuar kopling.
(12) Ukur poros utama pada penghantar bagian luar kopling.
(13) Periksa bagian bawah kopling (clutch center) terhadap lekukan-lekukan atau kerusakan-kerusakan kecil yang disebabkan oleh pelat kopling.

susunan kopling

 Pemasangan
(1) Pasang pasak tembereng (spie) pada pores engkol.
(2) Pasang roda gigi penggerak primer dengan menepatkan alur pada roda gigi dengan pasak.
(3) Olesi gigi-gigi roda gigi primer dengan oli.
(4) Pasang penghantar kopling iuar, kopling dalam, dan cincin splain.
(5) Pasang pelat penekan, kanvas kopling, pelat kopling, kopling tengah, pegas pengantar, dan dudukan pegas.
(6) Susun kanvas dan pelat silih bergantian.
(7) Lapisi kanvas kopling baru dengan minyak mesin baru.
(8) Pasang kanvas, pegas judder, dan dudukan pegas.
(9) Kanvas kopling yang dipasang bersandar pada judder spring mempunyai diameter yang lebih besar dari kanvas-kanvas lainnya.
(10) Pasang lidah tonjolan dari kanvas pada alur-alur dari kopling luar.
(11) Pasang cincin pengunci dengan tanda outside menghadap keluar.
(12) Olesi ulir mur pengunci kopling tengah dengan cli.
(13) Pasang mur pengunci dengan sisi yang mempunyai siku yang diberi lengkungan menghadap ke sebelah dalam.
(14) Tahan kopling tengah dengan pemegang kopling tangah, kencangkan mur pengunci sesuai torsi pengencangan yang ditentukan
(15) Mur pengunci kopling tengah harus dipenitik (drip) untuk menguncinya.
(16) Pasang pegas—pegas kopling dan pelat pengangkat dan kencangkan baut—baut dalam pola bersilang dalam 2-3 Iangkah.
(17) Pasang penghantar pengangkat kopling.
(18) Pasang rotor saringan oli.
(19) Pasang cincin pengunci dan mur pengunci.
(20) Pasang cincin pengunci dalam tulisan outside menghadap keluar.
(21) Pasang mur pengunci dengan sisi yang mempunyai siku yang diberi lengkungan menghadap cincin pengunci.
(22) Bersihkan rotor saringan oli.
(23) Periksa apakah oli dapat mengalir dengan bebas melalui salurannya tanpa hambatan.
(24) Jika perlu lepaskan klip dan ganti part (suku cadang) yang rusak,


Membongkar/merakit lengan kopling
(1) Lepaskan pin cotter (pena belah) dan lepaskan handel pengangkat kopling dan pegas
(2) Periksalah secara visual lengan kopling terhadap kebengkokan atau kerusakan.
(3) Pasang lengan kopling pada tutup kanan bak mesin dalam urutan terbalik dari pada pelepasan.
(4) Pasang pegas pengembalian


13. Penyetop silinder garpu                 26. Waser
14. Pegas silinder garpu                      27. Baut segi enam
15. Sekerup oval                                  28. Pengantar garpu gigi
16. Pelat penghenti silinder                  29. Pena belah
17. Garpu gigi kanan                            30. Pegas lengan garpu gigi
18. Pen                                                 31. Collar/selubung
19. Pen                                                 32. Pegas pengembali garpu
20. Pen                                                 33. Penpegaspe11gembal1`garpu
21. Silinder garpu pen                          34. Baut segi enam
22. Pena belah                                     35. Pedal perubah gigi
23. Pen penghantar garpu gigi             36. Spidel garpu gigi
24. Garpu gigi kiri                                 37. Karet pedal
25. Rotor saklar netral


Merakit Garpu depan
a. Sebelum perakitan, cuci semua bagian-bagian dengan solar, dan biarkan sampai kering.
b. Pasang baut pembuangan.
c. Pasang oil lock piece, pipa garpu, pegas pantul dan piston garpu.
d. Lapisi baut socket dcngan cairan pengunci dan kencangkan.
e. Pasang pegas reaksi dan piston ke dalam pipa garpu.
f. Pasang alat pengunci minyak pada ujung piston.
g. Masukkan pipa garpu pada selongsong bawah garpu.
h. Pasang selongsong bawah pada catok dengan penjepit lunak
i. Lapisi baut socket dengan cairan pengunci dan pasang pada piston.
j. jika sulit untuk mengencangkan baut socket, pasang pegas garpu dan baut atas garpu.

pembongkaran kepala silinder

Berikut ini urutan pembongkaran kepala silinder pada sepeda motor (Honda C100)
  • Lepaskan bodi tengah
  • Lepaskan tutup busi dan kepala busi
  • Lepaskan tutup sprocket noken as sebelah kiri
  • Lepaskan Knalpot
  • Lepaskan manifold
  • Lepaskan tutup lubang pemutaran poros engkol dan tanda timing
  • Lepaskan tutup-tutup lubang penyetelan katupTANDA NOKEN AS
  • Putar poros engkol berlawanan arah jarum jam sampai tanda “O” pada sprocket noken as bertepatan dengan tanda penyesuaian pada kepala silinder  
  • Lepaskan baut-baut pemasangan sprocket noken as dan keluarkan sprocket
  • Lepaskan baut yang mengikat kepala silinder dengan silinder
  • Lepaskan empat buah mur dan cincin pemasangan tutup kepala silinder KEP SILINDER
  • Lepaskan tutup kepala silinder
  • Lepaskan gasket tutup kepala silinder
  • Lepaskan kepala silinder
  • Lepaskan gasket kepala silinder
  • Lepaskan tutup samping kanan kepala silinderTUTUP KANAN
  • Sekrup sebuah baut pada ujung poros pelatuk dan tarik keluar dari dalam kepala silinderPOROS PELATUK



  • Lepaskan pelatuk, plat stopper dan noken as
  • Lepaskan kuku katup, pegas dan katup
  • Bersihkan seluruh komponen dengan cairan pembersih
  • Amati dan identifikasi komponen-komponen
  • Rakit kembali komponen dengan langkah kebalikan melepas
Penting!
  • Pada saat pemasangan kepala silinder cincin tembaga ditempatkan di sebelah kanan bawah.
  • Perhatikan poros pelatuk, bagian yang mempunyai alur drat berada di bagian luar.
  • Posisikan noken as pada posisi bebas, dan piston pada posisi TMA.